Wow, Lima Mahasiswa Disabilitas Unbra Dapat Beasiswa!

13 Agustus 2015 Berita Pendidikan


Pada 29 - 31 Juli 2015 lalu, Universitas Brawijaya (UNBRA) Malang menyeleksi calon mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel. Sebanyak 24 peserta berkebutuhan khusus mengikuti Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD).

Mereka mengikuti beberapa tes, yaitu tes tulis, kesehatan, psikologi dan wawancara. Mereka juga mengikuti simulasi perkuliahan, diskusi, dan tugas kuliah.

Dari 24 peserta, 14 peserta diterima menjadi mahasiswa baru UNBRA. Lima dari mahasiswa tersebut berhasil mendapatkan beasiswa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi).

"Tahun lalu juga ada lima mahasiswa difabel yang mendapatkan beasiswa. Hanya saja, kalau tahun lalu yang kita terima kuotanya 20 mahasiswa, tahun ini hanya 14 mahasiswa karena seleksinya sangat ketat, sehingga yang kita terima ya yang benar-benar mampu untuk mengikuti kegiatan perkuliahan," kata Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) Universitas Brawijaya Malang Wahyu Widodo.

Dari 14 mahasiswa difabel yang diterima tahun ini, lanjutnya, sebagian besar adalah tuna rungu, yakni 9 mahasiswa, bahkan untuk program vokasi (D3) seluruhnya adalah tunarungu. Selain itu, tunanetra dan tunadaksa.

Puluhan mahasiswa difabel tersebut tersebar di sejumlah program studi, kecuali Kedokteran, yakni program studi Akuntansi, Teknik Informatika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Perikanan, Arsitek, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Jepang, Farmasi, Administrasi Perpajakan, Multimedia, Seni Rupa, serta Perikanan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)