Wow, Buku Anak Karya Indonesia Banyak Diminati di Italia

9 April 2015 Berita Pendidikan


Setiap tanggal 2 April dunia merayakan Hari Buku Anak Internasional atau International Children’s Book Day (ICBD). Untuk memperingatinya, diadakan pameran buku anak yang diikuti oleh berbagai negara, yaitu Bologna Children’s Book Fair di Bologna, Italia.

Tahun ini, Bologna Children’s Book Fair diadakan pada tanggal 30 Maret - 2 April lalu. Pameran buku anak-anak paling terkemuka di dunia ini diikuti 1.200 peserta dari lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia. Keikutsertaan Indonesia di ajang ini ternyata mendapat sambutan antusias dari khalayak dunia.

Penerbit Semerkand dari Turki misalnya, membeli buku pembelajaran bahasa Arab terbitan Kesaint Blanc. "Mereka tertarik membeli langsung buku Have Fun with Arabic sebanyak 5.000 eksemplar," kata Laura Prinsloo, Direktur Utama penerbit Kesaint Blanc. Adapula penerbit Arab Saudi yang membeli 15.000 pembelajaran bahasa Mandarin dan Spanyol dari penerbit Kesaint Blanc.

Sementara itu NavNeet, penerbit buku edukasi dari India menunjukkan ketertarikannya pada tiga buku karya Arleen Amidjaja. Di antaranya 'Financial Intelligence for Kids', 'The Story of Days' dan 'The Books of Bunnies'. Karya Arleen Amidjaja lainnya dilirik juga oleh penerbit Jarir Bookstore dari Arab Saudi seperti 'I Love You Mom, I Love You Dad'.

Selain buku pembelajaran bahasa, buku-buku anak Islam juga jadi fokus perhatian para penerbit asal Turki dan Prancis. Sementara Jerman biasanya lebih menyukai buku-buku anak cerita rakyat (folklore).

Sejak hari pertama, stan Indonesia selalu dipenuhi pengunjung, yang bahkan kerap rela duduk di karpet karena kursi yang disediakan telah penuh. Hal ini merupakan kabar menggembirakan karena merupakan kali pertama Indonesia ikut pameran terkemuka ini serta menjadi salah satu indikator semakin dikenalnya Indonesia oleh pebisnis dan peminat buku internasional.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)