World Vision Bangun Ruang Sahabat Anak Korban Gempa

8 Oktober 2009 Berita Pendidikan


PADANG-World Vison Indonesia (WVI) sejak Senin (5/10), berhasil membangun Ruang Sahabat Anak (RSA) di SD 02 Bungus Timur, sekitar 20 kilometer dari Kota Padang. Pembangunan RSA ditujukan untuk anak-anak yang selamat dari gempa dan masih berada dalam kondisi rentan baik secara fisik dan psikologis.

Kondisi perubahan kehidupan drastis akibat gempa, anak-anak korban gempa dinilai sangat membutuhkan pelayanan kesehatan, penyediaan makanan, air bersih dan juga dukungan intensif untuk menjalankan aktifitas bermain dan belajar. RSA yang kami dirikan berupaya merespons kebutuhan anak-anak korban gempa tersebut, kata Jimmy Nadapdap, Humanitarian Emergency Affairs Director WVI.

Jimmy menerangkan, di hari pertama pada saat dibukanya RSA, sebanyak 128 anak mendatangi RSA yang dibangun menggunakan tenda sementara dii halaman SD 02 Bungus Timur. Di hari kedua (6/10), kata Jimmy, 100 anak kembali berkumpul untuk melakukan aktivitas kreatif. RSA diharapkan dapat membantu pemulihan kegiatan keseharian anak untuk bermain karena proses rehabilitasi gedung-gedung sekolah yang hancur masih memerlukan waktu, tambah Jimmy.

Selain di SD 02 Bungus Timur, WVI merencanakan membangun tiga di Desa Bungus Timur, yakni di SD 07, SD 15 dan SD 16. Sedangkan sembilan RSA lainnya akan didirikan di Padang Pariaman. Di RSA, WVI menyediakan perlengkapan edukatif, mainan, buku, crayon, bola volley, bola kaki dan berbagai perlengkapan pendukung lain. Permainan disesuaikan dengan kondisi setempat. dri/kpo

Sumber: Republika Online