Wikimedia Terima Hibah Rp 360 Juta

16 Maret 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Wikimedia Indonesia menerima hibah senilai sekitar Rp 360 juta rupiah (USD 40,000) untuk inisiatif "Perekrutan dan Peningkatan Kemampuan Sukarelawan" dari Wikimedia Foundation. Inisiatif ini diluncurkan sebagai cara meningkatkan kemampuan sukarelawan agar mampu merancang proyek-proyek berbasiskan pengetahuan terbuka dan berkontribusi menggunakan perangkat wiki dalam menjalankan proyek ataupun menulis melalui medium internet.

Sebagian dari hibah yang senilai Rp 90 juta digunakan dalam program intervensi bekerja sama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk meningkatkan aktifitas Wikipedia bahasa Jawa yang hanya memiliki rata-rata dua sukarelawan. Para sukarelawan tersebut berkontribusi secara teratur semenjak diluncurkan pada Juni 2006 hingga kini.

Program intervensi tersebut berupa kompetisi menulis Wikipedia bahasa Jawa bertemakan "Papat Limpad" (Empat Terhebat) selama tujuh bulan sejak April sampai Oktober 2011.

Sementara itu, dana sebesar Rp 50 juta dari hibah itu dialokasikan untuk pemulihan Wikipedia bahasa Sunda dengan mitra dan waktu yang belum ditentukan. Wikipedia bahasa Sunda saat ini sudah tak lagi memiliki sukarelawan yang berkontribusi secara teratur sejak 2009. Diperkirakan hal itu akan lebih sulit untuk ditingkatkan maupun dipulihkan.

Adapun hibah sebesar Rp 220 juta rupiah dialokasikan untuk perekrutan dan pelatihan sukarelawan di bawah Wikimedia Cipta. Pelatihan ini ditujukan untuk membuat proyek kompetisi mandiri di universitas/fakultas sukarelawan masing-masing ataupun peningkatan kemampuan sukarelawan dalam menulis ensiklopedi ala Wikipedia melalui pelatihan menulis yang akan berpusat di Jakarta.

Tahun ini, Wikimedia Foundation berhasil mengumpulkan 16 juta dollar AS dalam upaya penggalangan dana tahunannya. Dari 213 negara yang menyumbang, Indonesia menempati peringkat 51 dengan nilai sumbangan sebanyak 14 ribu dolar AS dari sekitar 900 penyumbang. Lima negara penyumbang terbesar adalah Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Spanyol, serta Inggris.

Sumber: kompas.com