Waw, Masih SD Bisa Jadi Mahasiswa!

19 Maret 2014 Berita Pendidikan


Apa jadinya ya jika siswa Sekolah Dasar (SD) menjadi mahasiswa dan belajar di kampus layaknya seorang mahasiswa sesungguhnya? Iya guys, sebuah lembaga yang dibuat oleh National Children’s University di London, United kingdom (UK) menawarkan kerja sama program tersebut kepada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tapi, seperti apa ya model program ini? The Director Asia Pacific-Middle East Operation Jagindar Singh mengatakan, Children's University (CU) mempelopori gagasan pemberian penghargaan bagi kegiatan anak-anak di SD setelah pulang sekolah.

"Lembaga ini juga bertujuan untuk membangun psikologis dan mental anak-anak, bagaimana rasanya anak-anak SD ini bisa menjadi seorang college student," ujarnya seperti dilansir dari laman UNY.

Lembaga yang sudah berdiri sejak enam tahun lalu itu memberikan kegiatan-kegiatan setelah pulang sekolah berupa les untuk mengasah hobi yang dapat dinilai berdasarkan jam kegiatan. Setiap menyelesaikan 30 jam, anak tersebut mendapatkan sertifikat layaknya seorang mahasiswa yang lulus.

Kampus di bilangan Jawa Tengah yang kedatangan tamu dari National Children’s University dan diwakili oleh The Director Asia Pacific-Middle East Operation Jagindar Singh itu dihadiri oleh Dekan FIP Dr. Haryanto, M.Pd dan Wakil Dekan (Wadek) I Dr. Sugito, M.A., menawarkan FIP untuk menjadi partner cabang CU yang memiliki wewenang menyediakan fasilitas mulai dari pendaftaran CU, mencari tempat kursus atau les yang akan divalidasi oleh CU berdasarkan tingkat keamanan dan kenyamanan standard CU, serta menyediakan staf yang akan dilatih oleh CU.

Anak-anak yang tergabung dalam Children’s University memiliki paspor learning untuk mendapatkan cap setiap kali masuk dalam kegiatan les. Anak yang telah memenuhi jam tertentu akan mendapatkan semacam graduation ceremony yang dikemas seperti wisuda. Pada akhir diskusi ini, Wadek I Soegito mengatakan dalam diskusi ini masih awal dan akan dipertimbangkan kembali oleh pihak FIP untuk perkembangan selanjutnya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)