Wali Kota Surabaya Siapkan 454 Kuota Penerima Beasiswa, Buruan!

7 Juni 2017 Berita Pendidikan


Pemerintah Kota Surabaya kini tengah menyiapkan 454 selot beasiswa bagi lulusan SMA/SMK. Syaratnya harus berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu. Menurut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, program pemberian beasiswa ini sebagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sudah baik dengan menyentuh level 80.

454 selot beasiswa diperuntukkan 300 beasiswa untuk program diploma atau sarjana. Sedangkan lima kuota untuk pilot. Sarjana kedokteran 50 kuota, magister S2 kenotariatan 2 kuota, dan diklat teknisi pesawat terbang sebanyak 60 kuota. Bahkan tahun ini sudah mengirimkan 24 pelajar yang akhirnya diterima bekerja di Garuda.

Menurutnya, pendidikan merupakan hal yang penting. Pasalnya, banyaknya jumlah SDM yang ada akan percuma jika tak diimbangi dengan kualitas pendidikan yang bagus. SDM itu tidak akan bermanfaat. Semaju apapun kotanya, kalau SDM-nya tidak bisa mengiringi kemajuan itu, enggak ada gunanya.

Meski demikian, Bu Risma juga sedikit mengkhawatirkan pengelolaan SMA/SMK yang lepas dari pemkot ke Pemprov Jatim. Padahal, selama ini pelajar SMA-SMK menjadi konsen pemkot untuk meningkatkan IPM Surabaya. Tapi mudah-mudahan dari SMA/SMK tak ada anak putus sekolah. Kalau putus sekolah nanti kita kejar dengan pemberian beasiswa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)