Wahai Mahasiswa, Jangan Hanya Berorientasi Lulus Saja!

25 Maret 2016 Berita Pendidikan


Kebanyakan mahasiswa di Indonesia memiliki orientasi yang kurang tepat dalam menjalani kehidupan kuliah. Beberapa berpikir hanya untuk lulus dan segera mendapatkan gelar untuk bekerja, namun mengesampingkan hal-hal yang sebenarnya sangat sayang untuk dilewatkan. Menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi rakyat.

Mahyudin, selaku Wakil Ketua MPR RI mengatakan bahwa mahasiswa harus berorientasi pada riset dan kompetisi. Termasuk melakukan riset agar menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Bukan berorientasi jadi sarjana saja, karena hanya akan menambah jumlah pengagguran.

Hal ini bisa mahasiswa kembangkan dan maksimalkan melalui skripsi. Kegiatan skripsi dan riset yang dilakukan pun harus mudah untuk direalisasikan dan bukan mengambil permasalahan klise. Sehingga nantinya riset dan hasilnya akan mudah masuk dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Apalagi memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean, Mahyudin mengungkapkan bahwa momen ini kiranya dapat dimanfaatkan betul agar Indonesia tidak hanya dijadikan pasar produk oleh negara lain.

Meyinggung kualitas perguruan tinggi Indonesia, dirinya mengatakan bahwa sampai saat ini tantangan Indonesia masih sangat besar untuk mengejar ketertinggalan dari perguruan tinggi luar negeri. Faktanya, sampai saat ini belum ada universitas di Indonesia bisa menembus peringkat 600 perguruan tinggi dunia.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)