Wah! Materi Keselamatan Berkendara Akan Masuk Kurikulum 2016/2017

15 Maret 2016 Berita Pendidikan


Banyaknya kasus kecelakaan dalam berkendara terutama bagi para anak-anak hingga remaja membuat pendidikan tentang keselamatan berlalu lintas sangat perlu dilakukan. Mulai tahun ajaran 2016/2017 hal tersebut segere terealisasi dengan masuknya pendidikan safety riding pada mata pelajaran sekolah yang nantinya materi ini terintegrasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Kasatlantas Polres Solo, Kompol Prayudha Widyatmoko, melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Solo, AKP Nur Afandi mengungkapkan hal tersebut di sela-sela Edukasi Safety Riding di SMK Muhammadiyah 1 Solo, Rabu (2/3/2016).

Pendidikan ini dirasa perlu karena rentannya para remaja bahkan anak-anak saja sudah diperbolehkan berkendara tanpa pengetahuan keselamatan berkendara yang memadai. Tentu hal ini justru meningkatkan angka kecelakaan pengendara bermotor di bawah umur.

Afandi mengatakan bahwa saat ini Polda Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan pendistribusian buku diktat ke sekolah-sekolah di daerah, mulai dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK).

Penumbuhan kesadaran akan berkendara motor yang aman harus dilakukan sedini mungkin. Selain aman berkendara, penanaman sopan santun juga perlu dalam berlalu lintas.

Edukasi Safety Riding diadakan atas kerja sama Satlantas Polresta Solo, dengan Astra Honda Semarang, serta SMK Muhammadiyah 1 Solo. Melalui kegiatan itu, dari Satlantas Polrestas Solo dan Astra Honda Semarang menjelaskan tentang safety riding dan manfaatnya kepada siswa.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)