Wah... Lulusan SMK Kecantikan Paling Banyak Dicari

9 September 2009 Berita Pendidikan


Jangan ragukan para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena terbukti setiap tahun lulusannya banyak terserap oleh lapangan kerja. Hanya sebagian kecil yang menganggur.
"Apalagi lulusan keahlian kecantikan, pasti 100 persen langsung diterima kerja. Kalau yang lain ada beberapa yang harus menunggu giliran kerja, tapi angkanya paling satu sampai dua orang," kata Kepala SMKN 9, Deddy Hermadi Rabu, (9/9).

Di SMKN 9, papar Deddy, ada tiga program keahlian. Kecantikan, Perhotelan dan Restoran, dan Pastry. "Lulusan Perhotelan dan Restoran banyak yang melanjutkan kuliah bukan bekerja, tetapi lulusan Kecantikan, begitu lulus langsung laris manis," terangnya.

Karena mudah terserap lapangan kerja itulah, pihaknya mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai sekolah terbaik penyalur tenaga kerja. Hal itu juga berkaitan denagn program Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengurangi angka pengangguran.

Deddy mengatakan, mudahnya para lulusan diserap oleh lapangan kerja tak lain berkat kerjasama dengan banyak pihak. Kerjasama kerap dilakukan berupa pelatihan untuk para siswanya, sehingga begitu ada lowongan kerja mereka bisa langsung masuk. (WW)

LTF

Sumber: Tribun Jabar (kompas.com)