Wah... Kuliah di FK Undana, Rp 20 Juta Per Semester!

3 September 2009 Berita Pendidikan


KUPANG, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan fakultas yang mencatat biaya pendidikan termahal, hingga Rp 20 juta per semester.

"FK memang saat ini menjadi satu-satunya fakultas termahal dalam lingkup Undana, bahkan fakultas termahal pada universitas atau perguruan tinggi negeri dan swasta di NTT," kata Rektor Undana Frans Umbu Datta di Kupang, Rabu (2/9).

Umbu mengatakan, mahalnya FK Undana jangan dilihat dari Rp 20 juta, yang dirinci menjadi Rp 15 juta untuk kebutuhan perkuliahan dan Rp 5 juta sumbangan pengembangan dan pembangunan. Menurutnya, dari segi investasi masa depan, jumlah tersebut terbilang kecil.

Namun, dia menambahkan, jumlah tersebut tidak sepenuhnya tanggungan mahasiswa. Saat ini, ada sekitar 12 dari 50 mahasiswa FK Undana yang mendapatkan subsidi dari pemerintah kabupaten (pemkab) dalam bentuk ikatan kuliah.

Di luar itu, kata Umbu Datta, pihak Undana juga memperoleh dana dari beberapa sponsor yang berbentuk beasiswa bagi mahasiswa FK yang berprestasi secara akademik. Menyinggung pemanfaatan dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN, Umbu mengatakan, dari sekitar Rp 200 triliun alokasi APBN untuk pendidikan, sekitar 50 persen untuk biaya pengembangan pendidikan dan fasilitas pendidikan. Kemudian, 50 persennya untuk biaya operasional, termasuk penelitian.

Sumber: Kompas.com