Wah... "Facebookers" Juga Menolak UN!

13 Januari 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penyampaian aspirasi sebuah dukungan atau penolakan di situs jejaring Facebook (FB) pun tak luput menjadi sasaran empuk gerakan massa untuk menyuarakan aspirasinya menolak pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Gerakan 10.000.000 Siswa Siswi Indonesia TOLAK Ujian Nasional, misalnya. Di halaman muka alamat FB itu jelas-jelas tertulis, grup tersebut dibuat atas gugatan jutaan siswa-siswi Indonesia yang merasa bahwa UN=Kejahatan HAM, UN=Pengabaian Prestasi siswa selama 3 Tahun, UN=Pengabaian bobroknya sarana prasarana Pendidikan UN=Pengabaian waktu, materi, kerja keras selama 3 tahun.

"Maka, kami tidak mendukung diselenggarakannya UN di tahun depan dan di tahun berikutnya. Bukannya kami takut atau tidak bisa menghadapi UN! Tetapi, UN seperti sebuah Malapetaka bagi yang cerdas, berprestasi dan berakhlak, belajar dan berdoa setiap saat jika dinyatakan tidak lulus! Di sisi lain, banyak sekali infrastruktur, kemampuan orangtua, kualitas guru yang masih dan tetap terabaikan hingga saat ini!" bunyi kalimat di alamat grup FB tersebut.

Saat tulisan ini dibuat, Selasa (12/1/2010) alamat FB "Gerakan 10.000.000 Siswa Siswi Indonesia TOLAK Ujian Nasional" ini sudah memiliki anggota sebanyak 56.181 orang. Umumnya, anggota grup ini adalah para pelajar.

Dukung MA

Bentuk aspirasi lain yang beredar di FB adalah "RELAWAN" Facebookers Mendukung "MA" mentiadakan "UJIAN NASIONAL". Meski tidak secara frontal menajuki halaman muka alamat FB-nya dengan sikap anti atau menolak, alamat grup FB ini jelas-jelas ikut menolak penyelenggaraan UN.

Bahkan, tanpa tedeng aling-aling, para anggota yang menjadi officers di grup ini menampakkan alamat FB mereka masing-masing. Adapun saat ini, "relawan" anggota grup FB ini mencapai 73.531.

Sementara itu, satu alamat grup lainnya memberi nama dengan HAPUSKAN UJIAN NASIONAL-STOP MEMBUAT KETAKUTAN SISWA DAN SISWI. Dikatakan di halaman FB ini bahwa, "Group ini dibuat bertujuan untuk membubarkan yg namanya UJIAN NASIONAL, karna ujian nasional hanya membuat mental-mental siswa dan siswi menjadi down, bukannya memperbaiki kualitas pendidikan tpi hanya menurukan kualitas pendidikan, apalagi dengan naiknya nilai rata-rata UN di tiap tahunnya, di pastikan banyaknya siswa dan siswi yg makin stres dan ketakutan tidak lulus ujian".

Saat ini, grup "anti UN" ketiga di FB ini merupakan grup yang paling banyak memiliki jumlah anggota, yaitu 159.847 members. Grup yang umumnya juga dihuni oleh para pelajar FB ini terhitung sangat aktif dan interaktif dengan tema-tema menyoal berbagai persoalan UN.

sumber: kompas.com