Wah, Dosen Lulusan S2 dan S3 Mencapai 75 Persen!

6 Januari 2016 Berita Pendidikan


Kabar gembira dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir terkait jumlah dosen lulusan S2 dan S3 di Indonesia. Menurut data yang diperoleh, saat ini jumlah dosen yang sudah menyandang S2 dan S3 sudah mencapai 75%.

Lebih rincinya, jumlah professor sudah mencapai 5500 orang. Sementara jumlah peneliti yakni 550 per sejuta orang. Nasir menyampaikan jumlah tersebut masih perlu didorong di tahun 2016 ini.

Lebih lanjut Nasir mengatakan bahwa saat ini sedang digenjot penelitian di 11 bidang prioritas yaitu pertanian dan pangan, energi dan energi terbarukan, obat dan kesehatan, informasi dan komunikasi, transportasi, pertahanan dan keamanan, advance material, maritim, kebencanaan, kebijakan serta sosial humaniora dengan Rencana Induk Riset Nasional (RIRN).

Untuk mendorong angka tersebut, Nasir telah berupaya membuat program Indonesia Mencari Doktor (IMD). Program IMD diselenggarakan di 10 perguruan tinggi. Syarat yang wajib dipenuhi misalnya IPK minimal 3,5 di semester VII, secara otomatis mahasiswa masuk pada semester 1 program S2.

Pendaftar program tersebut mencapai 202 peserta. Program ini, lanjut Nasir, juga bertujuan untuk menarik lulusan perguruan tinggi ke dalam dunia usaha. Apalagi tahun ini akan diterapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Saat ini, baru 60% lulusan perguruan tinggi terserap dunia usaha.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)