Wah... Ada Program Pesantren Berbasis Internet

7 September 2009 Berita Pendidikan


Program pendidikan pesantren ternyata tidak hanya dapat ditemui secara konvensional. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengaku akan memunculkan program pesantren berbasis internet. Program pesantren internet itu akan dimunculkan di website komunitas online Nahdlatul Ulama (NU).
"Program pesantren berbasis internet merupakan salah satu item yang akan dimunculkan dalam kegiatan ini, mengingat lembaga pendidikan tertua di Indonesia itu merupakan ujung tombak perubahan warga nahdliyin," ujar Pemimpin Redaksi NU Online Abdul Munim di acara workshop PKB dan NU Online bertajuk Membangun identitas santri NU, di kantor PBNU, Jakarta, Minggu (6/9).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menilai, saat ini NU telah mengalami ketertinggalan dalam hal gerakan organisasi. Salah contohnya di bidang pendidikan, sosial, politik, dan ekonomi. Hal itu, menurutnya, terjadi karena rendahnya penguasaan dan minimnya akses kaum Nahdliyin terhadap teknologi informasi.

Lebih lanjut Abdul Munim mengatakan, ke depan komunitas NU online juga akan diarahkan untuk memfasilitasi konsolidasi warga NU di berbagai lini kehidupan. "Komunitas ini sejatinya juga diprioritaskan menyusun sejumlah program kerja rintisan guna menata NU ke depan di bidang usaha, pendidikan, keorganisasian, serta politik," katanya.

C10-09

Sumber: Kompas.Com