Waduh, Ribuan Guru Belum Mempunyai NUPTK

27 Agustus 2014 Berita Pendidikan


Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang kita kenal NUPTK, ternyata betul-betul penting, khususnya bagi para pendidik. Utamanya bagi Pendidik yang belum Sertifikasi, mereka harus punya nomor tersebut. Sebab untuk bisa terjaring nominasi calon peserta Sertifikasi harus memiliki nomor unik tersebut dan sesuai dengan bidang studi yang diajarkan serta jumlah jam mengajar memenuhi peraturan yang berlaku.

Tetapi di daerah Bekasi kurang lebih tujuh ribu guru di belum memiliki NUPTK . Mengapa ? Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pendidikan (Disdik) Bekasi, Herry Herlangga menyampaikan, para guru yang belum memiliki NUPTK tersebut tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi. Sebagian besar dari lembaga pendidikan swasta. Hal itu disebabkan, karena masa kerja para guru belum mencukupi. "NUPTK sendiri didaftar dari sekolah masing-masing bukan melalui Disdik. Bagi yang sudah memiliki NUPTK juga harus di-update setiap tahun agar tidak kedaluwarsa," jelasnya.

NUPTK merupakan nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). NUPTK ini terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap, karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah, meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar. "NUPTK tidak hanya diberikan kepada guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi juga guru Non-PNS sebagai nomor identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan," katanya.

Bagi guru yang telah memiliki NUPTK tentunya ada beberapa manfaat yang mereka dapatkan. Seperti, mereka bisa berpartisipasi dalam proses atau mekanisme pendataan secara nasional. Sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.

Selain itu, bagi guru yang telah mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat nasional, juga bisa mengikuti berbagai program kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Bagi guru yang telah mempunyai NUPTK akan mendapatkan beberapa keuntungan diataranya tunjangan profesi dari pemerintah.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari jpnn.com)