Berita Pendidikan
16 April 2010

Unsyiah Akan Tambah Tiga Program Doktor

BANDAACEH-Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh pada tahun akademik 2010/2011 akan menambah tiga program doktor yakni manajemen, pertanian dan pendidikan olahraga.

"Jika izin bagi ketiga program tersebut dikeluarkan oleh Dikti, maka Unsyiah memiliki sedikitnya empat program doktor. Satu programnya yaitu Ilmu Ekonomi telah memiliki izin," kata Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Samsul Rizal, di Banda Aceh, Kamis.

Ia mengatakan, penambahan program tersebut merupakan upaya untuk menjadikan Unsyiah sebagai salah satu perguruan tinggi yang akan mampu bersaing dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pihaknya juga mengusulkan penambahan sebanyak lima program pascasarjana yakni pendidikan kimia, biologi, Mipa Matematika dan Fisika, katanya.

Kemudian tujuh program sarjana antara lain farmasi, kata Samsul, tanpa menjelaskan lebih rinci. "Semuanya telah kita usulkan ke Dikti, tinggal menunggu izin untuk dilaksanakan penerimaan mahasiswa," katanya.

Ia berharap Dikti dapat segera mengeluarkan seluruh program pendidikan yang diusulkan oleh universitas "Jantong Hatee" rakyat Aceh tersebut. "Jika semua program tersebut disetujui, Insya Allah upaya untuk menjadikan salah satu PT terbesar di tanah air akan terwujud," katanya.

Unsyiah telah memiliki sebanyak 43 program pendidikan sarjana (S1), 14 program pendidikan pascasarjana (S2) dan satu program doktor (S3). Setiap tahun Unsyiah meluluskan sekitar 4.000 mahasiswa yang terdiri dari berbagai program pendidikan. Jumlah tersebut sesuai dengan penerimaan mahasiswa setiap tahun.

Pada 2010, secara keseluruhan Usyiah akan menerima sebanyak 6.052 mahasiswa dari lima jalur penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011. Kelima jalur itu adalah jalur UMB 1.228 mahasiswa, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 1.430 mahasiswa, jalur Undangan Seleksi Masuk Universitas 847 mahasiswa, Jalur Pengembangan Daerah 65 orang dan Jalur Mandiri Unsyiah 1.482, serta 1.000 mahasiswa S0.

sumber: republika.co.id

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris