Universitas Brawijaya Buka Pendaftaran untuk Siswa Disabilitas!

10 Juni 2016 Berita Pendidikan


Tahun ini, Universitas Brawijaya (UB) membuka kembali seleksi calon mahasiswa khusus bagi penyandang disabilitas. Pendaftarannya menggunakan jalur Seleksi Program Khusus Disabilitas (SKPKP) dengan kuota 20 hingga 25 orang.

Pedaftaran telah dibuka dari 16 Mei hingga 14 Juni 2016. Sekretaris Pusat Layanan dan Studi Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya (UB) Malang Slamet Thohari mengatakan sudah ada tujuh orang yang mendaftar.

Menurut Thohari, meskipun khusus untuk penyandang disabilittas, tidak semua bisa diterima. UB tetap memasang standar pada penerimaan mahasiswa melalui jalur SKPKP terkait jalur tersebut adalah jalur akademis.

Pendaftar perlu melalui serangkaian tes, salah satunya tes penggunaan Bahasa Indonesia. Kemudian akan dilakukan verifikasi dan dilakukan pengumuman. Mereka yang lolos akan mengikuti psikotes dan tes kesehatan. Dalam ujian psikotes akan diketahui apakah jurusan yang dipilih sesuai dengan kemampuannya.

"Kalau ternyata yang memenuhi syarat dan standarisasi hanya 10 orang, kami tak akan paksakan harus menerima 20 atau 25 mahasiswa, tapi tetap 10 orang yang memenuhi syarat dan kriteria serta lolos dalam berbagai tes," tambahnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)