Berita Pendidikan
21 April 2010

UNIBRAW Kukuhkan Guru Besar

MALANG, KOMPAS.com Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jatim, Selasa (20/4/2010), kembali mengukuhkan dua guru besarnya. Kedua guru besar itu adalah Prof Margono Setiawan dari Fakultas Ekonomi dan Prof Zaenal Kusuma dari Fakultas Pertanian, yang masing-masing dikukuhkan sebagai guru besar ke-179 dan ke-180 di universitas itu.

Dalam pidato ilmiahnya yang mengambil judul "Strategi Peningkatan Kualitas Air Irigasi Untuk Mencapai Pertanian Sehat", Prof Zaenal Kusuma mengatakan, kualitas air irigasi saat ini sedang dalam kondisi kurang sehat. "Kondisi kurang sehat ini akibat dari perubahan lingkungan global, sehingga kurang mendukung pertanian sehat seperti yang kita idamkan," ujarnya.

Menurut dia, perubahan iklim memberikan dampak terhadap proses produksi tanaman, terkait dengan penyediaan air irigasi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan air tanaman serta menyebabkan pergeseran waktu musim hujan lebih pendek dan lebih basah.

Kondisi tersebut, lanjutnya, menyebabkan potensi erosi meningkat untuk mengikis dan membawa residu pupuk, pestisida, dan sedimen dari lahan pertanian ke sungai. Sebaliknya, ujar Zaenal, musim kemarau menjadi lebih panjang yang berpotensi terjadi kekeringan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memelihara air, terutama kualitas air irigasi dalam rangka menuju pertanian sehat, yakni kegiatan pencegahan di lahan pertanian supaya residu pupuk dan pestisida tidak masuk ke air permukaan (sungai). Selain itu, lanjutnya, perbaikan kualitas air sungai yang sudah tercemar dengan berbagai teknik, di antaranya, dengan melakukan "fetoremediasi", serta meningkatkan kesadaran petani akan bahaya residu pupuk dan pestisida melalui pendidikan formal dan nonformal sejak dini.

Sementara itu, Prof Margono Setiawan dalam pidato ilmiahnya yang berjudul "Pemberdayaan Dalam Organisasi dan Hubungannya Terhadap Kinerja" mengatakan, pemberdayaan dalam organisasi cukup penting karena dengan adanya pemberdayaan itu akan ada pergeseran dari budaya birokrasi menjadi budaya mandiri. "Pemberdayaan akan mendorong kemajuan dan perubahan karyawan dan organisasi untuk semakin maju, sehingga kinerja yang diharapkan dapat dicapai, baik dari sisi karyawan maupun organisasi," ujarnya menegaskan.

sumber: kompas.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris