Unesa Buka S-2 Pendidikan Luar Biasa

1 September 2010 Berita Pendidikan


SURABAYA - Seiring kian dibutuhkannya tenaga ahli yang memberi pelayanan kepada siswa berkebutuhan khusus, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program pendidikan (prodi) baru pascasarjana (S-2) bidang ilmu Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Rektor Unesa Muchlas Samani mengatakan, lembaganya merasa terpanggil untuk memberi peran seiring dibutuhkannya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Paradigma masyarakat internasional menghendaki sistem pendidikan yang humanis, ramah, dan tidak diskriminatif bagi semua. Ini juga bagian dari cikal pemikiran kita membuka prodi baru itu, jelas Samani, Minggu (29/8/2010).

Selama ini, kata dia, berkembang keyakinan masyarakat dan orang tua bahwa mendidik anak merupakan investasi. Dia berharap, dengan perhatian pendidikan ini para anak di keluarga kelak dapat mandiri dan berguna bagi masyarakat.

Saat ini, cukup banyak anak yang memiliki kebutuhan khusus yang belum ditunjang dengan tenaga profesional. Samani menambahkan, ABK harus dipenuhi seluruh hak-hak pendidikannya dan diperlukan reorientasi dalam memahami makna dan konsep pendidikan bagi mereka.

Kondisi ini berimplikasi pada kebutuhkan tenaga profesional dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang inklusif maupun yang segregatif, imbuhnya.

Dia menambahkan, perkembangan yang semakin dinamis menuntut profesionalisme para pengelola pendidikan. Salah satu yang bisa menjawab profesionalisme adalah lahirnya SDM, yang sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi pendidikan S-2 PLB.

Adapun untuk program ini Unesa sudah membuka pendaftaran sampai 15 September 2010 mendatang. (nfai)

sumber: kompas.com