UNDIP Targetkan 50 Persen Mahasiswa Dibiayai Beasiswa 2019

18 Juni 2017 Berita Pendidikan


Universitas Diponegoro Semarang menargetkan sekitar 50 persen mahasiswanya pada setiap tahunnya akan dibantu pembiayaan kuliahnya dengan beasiswa pada 2019. Wakil Rektor I Undip Prof Muhammad Zainuri mengatakan; kami menargetkan pada 2019 mendatang separuh dari total mahasiswa Undip atau 50 persennya dibiayai beasiswa.

Beasiswa yang dimaksud, berasal dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun dari Undip sendiri. Saat ini, ia menyebutkan sudah 32 persen mahasiswa Undip yang tercover beasiswa, termasuk beasiswa Bidik Misi maupun berbagai beasiswa dari pemerintah maupun pihak swasta. Namun, 32 persen mahasiswa itu dihitung dari total mahasiswa Undip sekarang ini yang sekitar 52 ribu mahasiswa. Namun, untuk 2019 nanti akan dihitung setiap penerimaan mahasiswa baru.

Muhammad Zainuri mengatakan, jika nanti setiap tahunnya Undip menerima, misalnya 11 ribu mahasiswa maka 50 persennya sudah tercakup program beasiswa. Ia mencontohkan beasiswa Undip Scholarship yang tengah dirintis Undip mulai tahun ini untuk membantu pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi, namun tidak mampu. Sumbernya dari berbagai pihak, termasuk dari berbagai core bisnis Undip, alumni, maupun masyarakat yang dipayungi suatu lembaga. Tahun ini, beasiswanya sudah jalan.

Undip Scholarship, setidaknya diberikan untuk 100-200 mahasiswa, belum termasuk beasiswa yang disediakan 321 alumni Undip untuk memberikan "support" bagi mahasiswa. Sementara itu, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama memastikan mahasiswa tidak akan terbebani dengan pembiayaan kuliah seiring dengan status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH). Siapa bilang setelah jadi PTN-BH biaya kuliah jadi mahal? Kami justru menyiapkan beberapa beasiswa untuk membantu mahasiswa, salah satunya Undip Scholarship. Kenapa selalu menunggu orang lain memberi? Kami berinisiatif memberikan Undip Scholarship, khususnya bagi mahasiswa yang tidak mampu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)