UNDIP Semarang Terima Mahasiswa Baru

11 Januari 2010 Berita Pendidikan


SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Diponegoro Semarang menerima mahasiswa baru tahun 2010 ini melalui jalur Program Seleksi Siswa Berpotensi (PPSB). Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PSSB diawali dengan tahapan pengiriman berkas pada 4 Januari - 27 Februari 2010 melalui sekolah masing-masing.
Menurut Humas Undip Agus Naryoso, Jumat (8/1/10), penerimaan mahasiswa baru jalur PPSB kategori pertama dari potensi akademik. Artinya, calon mahasiswa harus memiliki nilai bagus selama di SMA yang dibuktikan dengan nilai rapor yang bagus dan stabil.

Kategori selanjutnya, adalah mereka yang berbakat dan berpotensi di bidang olahraga. Mereka dapat memasuki jalur potensi seni dan olahraga.
Kategori ketiga, PSSB melalui seleksi berdasarkan pada minat dan kerja sama untuk pengembangan Undip dalam bentuk partisipasi sumbangan pendidikan. Untuk kategori ini, tetap memperhitungkan prestasi akademik pelamar pada waktu belajar di SMA/MA yakni masuk peringkat lima besar di sekolah dan mendapat rekomendasi dari kepala sekolah bersangkutan. PSSB Jalur Pengembangan dan Kerja Sama itu berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 tahun 2005 tentang Subsidi Silang Biaya Operasi Perguruan Tinggi.
Agus menegaskan, lembaga atau institusi yang dapat mengirimkan calon mahasiswa masuk ke PSSB jalur pengembangan dan kerja sama adalah pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, perusahaan yang membina SMA/MA, institusi di luar negeri, s ekolah (SMA/MA) yang berminat, orang tua/penyandang dana. Jalur penerimaan ini resmi, tidak sekadar mengandalkan kemampuan memberikan sumbangan atau materi semata, tetapi tetap mempertimbangkan nilai atau prestasi mereka ketika di SMA.

Mahasiswa yang mengikuti ujian masuk lewat jalur PSSB potensi olah raga dan seni harus memiliki prestasi minimal tingkat provinsi yang dibuktikan dengan piagam atau sertifikat kejuaraan atau lomba.

Penerimaan mahasiswa baru jalur PSSB itu berlaku bagi peserta Program D-3 dan S-1.
Editor: ksp sumber: kompas.com