UNDIP Kirim Tim MTD ke Sumatra Barat

8 Oktober 2009 Berita Pendidikan


SEMARANG-Prodi Keperawatan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan mengirim Tim Management Traumatic Disaster (MTD) ke lokasi gempa Sumatra Barat. Kepala Prodi Keperawatan Undip, Meidiana Dwidiyanti MSc mengatakan, tim ini akan turun ke wilayah terkena bencana guna membantu korban gempa di daerah tersebut.

Tim yang terdiri dari 30 orang itu terbagi dalam berbagai keahlian berbeda yang sangat dibutuhkan di lapangan seperti terapi kelompok, hypno terapi kognitif dan afektif.

Di lokasi bencan, tim akan membuka posko kesehatan truma healing untuk melayani kebutuhan warga yang menjadi korban gempa. "Tim akan berangkat minimal lima pekan setelah evakuasi korban gempa selesai dilakukan," ujarnya di Semarang, Rabu (7/10). Menurutnya, Tim yang akan dikirim ke Sumatra Barat ini adalah tim yang juga berpengalaman menangani trauma healing di Aceh. Sebagian juga merupakan relawan yang pernah membantu korban gempa di Klaten dan Yogyakarta.

Sehingga pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang penanganan trauma healing untuk korban bencana cukup memadai Sementara itu, Dosen Pembimbing tim, Nana Rochana SKep menambahkan tim MTD ini akan bekerja di lokasi gempa Sumatra Barat hingga enam bulan.

Setiap minggunya anggota tim yang akan diberangkatkan ini akan mendapatkan pembekalan dari instruktur senior yang sudah berpengalaman menangani trauma healing di berbagai daerah bencana. "Untuk mendukung tim, Prodi Keperawatan Undip juga membuka kerjasama dengan semua lembaga pendidikan keperawatan dan LSM sosial kesehatan yang concern untuk melakukan trauma healing kepada korban," ibuhnya. owo/pur
Sumber: Republika Online