Unair Sediakan Seribu Beasiswa

14 Maret 2011 Berita Pendidikan


SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tahun ini memberikan tiga jenis beasiswa kepada mahasiswa baru. Atas dasar itulah Direktorat Kemahasiswaan Unair, mengundang 514 calon penerima beasiswa penerima program Beasiswa Bidik Misi (BBM), Sabtu (12/3).

Tujuannya adalah untuk menjelaskan dan melatih calon penerima beasiswa tentang pengisian daftar skor yang akan dijadikan dasar penilaian Unair. Bila skor yang dikumpulkan calon penerima di atas 50 maka akan mendapat beasiswa BBM dari pemerintah, sedang peraih skor 26-49 mendapat beasiswa Unair dan skor 25 ke bawah permohonan pengajuan beasiswa ditolak sebab berarti indikatornya tergolong keluarga mampu.

"Tetapi syarat utama yang bersangkutan untuk dapat beasiswa adalah harus lolos tes tulis dalam SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri)," jelas Prof Imam Musofa MKes, Direktur Kemahasiswaan Unair, Ahad (13/3).

Diterangkan Imam dalam penerimaan mahasiswa baru Unair mengadakan program Airlangga Peduli Pendidikan (APP) dengan memberikan biaya beasiswa kepada seribu mahasiswa. Rinciannya 500 mahasiswa baru yang mendapat bantuan BBM pemerintah yang diberikan sampai lulus sesuai dengan kurikulum dan bantuan biaya hidup selama menempuh studi.

Kemudian 400 mahasiswa baru dengan bantuan biaya BBM Unair bagi calon mahasiswa dengan bantuan pembebasan biaya pendidikan sampai lulus sesuai dengan kurikulum. Sisanya 100 mahasiswa baru diberikan melalui Beasiswa Prestasi Akademik (BPA) Unair.

Beasiswa BPA ini untuk lulusan SLTA berprestasi akademik dan/atau lomba bidang akademik sekurang-kurangnya Peringkat III Nasional atau 10 besar Tingkat Internasional, biaya pendidikan diberikan sampai lulus sesuai dengan kurikulum. "Seribu beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa yang benar-benar terpilih dan lolos seleksi," kata Imam.

Khusus program BPA, sambung Imam, cara pendaftarannya bisa secara mandiri pada jalur ujian tulis SNMPTN, yaitu mengirimkan hasil scan berupa kartu peserta jalur ujian tulis SNMPTN 2011, dan sertifikat/piagam/surat keterangan kepala sekolah tentang prestasi akademik/prestasi lomba bidang akademik. Surat ditujukan kepada kepada Direktur Kemahasiswaan Unair melalui email: km@unair.ac.id.

Bagi peserta yang memenuhi syarat serta lulus ujian tulis SNMPTN maka dinyatakan berhak mendapatkan program BPA. "Penerima akan dapat pembebasan biaya pendidikan (SP3, SOP dan biaya pendaftaran ulang) sampai lulus sesuai dengan kurikulum," tegas Imam.

Sumber: republika.co.id