UN Susulan Terbanyak di Jakarta Timur

16 Mei 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Kepala Seksi Kurikulum dan Sistem Penilaian TK/SD/PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sujadiyono mengatakan, ujian nasional(UN) untuk siswa sekolah dasar (SD) akan dilaksanakan mulai 18 sampai dengan 20 Mei 2011. UN susulan tersebut rencananya akan dilaksanakan di masing-masing subrayon di wilayah DKI Jakarta dengan menghadirkan pengawas ujian dari sekolah lain.

"Karena akan sulit jika harus dilaksanakan di sekolah masing-masing. Akan disediakan ruangan dengan pengawas dari sekolah lain," kata Sujadiyono, Kamis (12/5/2011) sore, di Jakarta.

Adapun jumlah siswa dari wilayah Jakarta Pusat mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 8 siswa, Matematika sebanyak 10 siswa, dan IPA sebanyak 9 siswa. Di wilayah Jakarta Utara, untuk mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 9 siswa, Matematika dan IPA masing-masing 8 siswa. Untuk wilayah Jakarta Barat, UN pada pelajaran bahasa Indonesia diikuti 3 siswa, Matematika dan IPA masing-masing juga siswa.

Sementara itu, di wilayah Jakarta Selatan, UN ulang bahasa Indonesia dan IPA masing-masing diikuti 2 siswa, dan Matematika sebanyak 3 siswa. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur, untuk mata pelajaran bahasa Indonesia mencapai 14 siswa, Matematika 17 siswa dan IPA mencapai sedikitnya 19 siswa.

"Itu masih angka prediksi, dalam arti bisa bertambah maupun berkurang. Tapi, saya pastikan prediksi ini sifatnya sudah 95 persen, karena setiap subrayon sudah kami cek," kata Sujadiyono.

Sujadiyono mengatakan, alasan tidak ikutnya siswa pada UN itu bermacam-macam, mulai karena sakit, bahkan ada yang mengundurkan diri karena meninggal dunia.

"Data ketidakhadiran siswa bisa kami dapatkan dari orang tua maupun kepala sekolah," ujarnya.

Mengenai prasyarat mengikuti UN susulan, siswa bersangkutan harus menyertakan surat keterangan yang sah tentang alasan ketidakhadirannya pada UN utama. Surat keterangan itu, misalnya, surat keterangan sakit dari dokter maupun alasan keperluan keluarga yang sangat mendesak.

Sumber: kompas.com