UN 2015: Soal Ujian Nasional Mulai Dicetak Pekan Ini

5 Maret 2015 Berita Pendidikan


Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) kini kian dekat. Beberapa persiapan tengah dilakukan oleh pemerintah terutama dalam hal pencetakan naskah soal UN tersebut. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan dalam pekan ini, percetakan soal UN segera dimulai.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Nizam mengatakan bahwa percetakan akan dimulai pada pekan ini dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan mengingat bahwa master soal-soal UN telah diberikan kepada setiap percetakan yang memenangkan tender, sesuai dengan jadwal yaitu pada 27 Februari lalu.

Hingga saat ini, Nizam mengatakan belum menemui kendala terkait UN dan ia berharap persiapan dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan UN dan pengumuman hasil UN.

Nizam menjelaskan, untuk mengantisipasi kebocoran soal UN di percetakan, kemendikbud telah mengkoordinasikan kepada seluruh panitia pusat untuk melakukan penjagaan secara penuh. Penjagaan tersebut juga diberlakukan untuk setiap percetakan baik di kota maupun di daerah.

"Selain diawasi langsung oleh panitia di percetakan, pengawasan juga dilakukan melalui CCTV 24 jam dalam sehari dari pusat," paparnya.

Di samping itu, terkait soal UN, Kemendikbud telah mengkoordinasikan kepada seluruh penulis soal UN untuk tidak membuat soal yang mengandung unsur suku, agama, ras, antar golongan termasuk politik (SARAP).

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)