Berita Pendidikan
4 Mei 2010

UMB-PTN Sediakan 2.000 Beasiswa

Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) menyediakan 2.000 beasiswa pendaftaran bagi calon mahasiswa miskin yang mengikuti Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN). Penyeleksian calon penerima beasiswa tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak sekolah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Perhimpunan SPMB Perwakilan Jateng DIY Prof Ir Eko Budihardjo MSc, kemarin. Dia mengatakan, dalam pemberian beasiswa pendaftaran UMB-PTN tersebut, 2.000 beasiswa akan dibagi menjadi dua, yakni 1.000 beasiswa khusus untuk pendaftar yang menjadi korban bencana Padang dan 1.000 beasiswa untuk pendaftar yang berasal dari kalangan umum.

Kami meminta kepada kepala sekolah untuk mendata dan merekomendasikan siswanya yang berhak mendapatkan beasiswa itu. Sebanyak 1.000 beasiswa dari kalangan umum, sedangkan untuk korban bencana Padang hingga saat ini sudah terpenuhi 998 orang, katanya.

Tahun ini UMB-PTN melibatkan 12 perguruan tinggi negeri (PTN) dalam menjaring mahasiswa di seluruh Indonesia. Jumlah PTN yang mengikuti tahun 2010 ini pun bertambah dibandingkan tahun 2009 yang hanya diikuti sembilan PTN.
Melihat Prestasi Ke-12 PTN yang mengikuti UMB-PTN 2010, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Palangkaraya.

Kemudian, Universitas Syah Kuala, Universitas Malikussaleh, Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, dan Universitas Islam Negeri Makassar. Eko menjelaskan, UMB-PTN tidak melihat calon mahasiswa dari kemampuan membayar sumbangan, namun sejauh mana prestasi dan kemampuan calon mahasiswa dalam mengerjakan soal-soal UMB-PTN.

Sejak pendaftaran yang berlangsung 12 April-19 Mei 2010, hingga saat ini sudah ada 30.180 pendaftar yang melakukan registrasi. Sementara target yang hendak diraih dalam pendaftaran antara 95.000-105.000 pendaftar.

Pendaftaran dapat dilakukan di berbagai kota di Indonesia, yakni Pekanbaru, Palembang, Lampung, Cirebon, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya atau untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di website www.spmb.or.id.

Sementara itu, kuota mahasiswa baru setiap PTN lewat UMB-PTN, menurut Eko, jumlahnya bervariasi tergantung PTN yang bersangkutan, namun PTN yang memiliki kuota penerimaan terbesar adalah USU dan UI.

Kami memang tidak memaksa PTN untuk mengikuti UMB-PTN, apalagi PTN juga memiliki jalur penerimaan secara mandiri, ditambah SNMPTN yang dikelola langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), tandasnya. (K3-37)Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris