UKG Madrasah Diadakan Secara Manual

22 Desember 2015 Berita Pendidikan


Uji Kompetensi Guru (UKG) merupakan sebuah tes atau ujian untuk mengukur kapasitas seorang guru. UKG online merupakan kegiatan yang dilakukan untuk guru-guru dibawah naungan Kemendikbud. Sementara Kementerian Agama (Kemenag) juga menyelenggarakan UKG bagi para guru madrasah. UKG yang dilaksanakan Kemenag menggunakan cara konvensional yaitu dengan paper based test (PBT) bukan computer based test(CBT).

Surabaya telah melaksanakan UKG offline atau PBT di MIN Jambangan dengan peserta berjumlah 137 guru madrasah negeri. Mereka terdiri atas 90 guru madrasah tsanawiyah (MTs) negeri dan 47 guru madrasah ibtidaiyah (MI) negeri.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Surabaya Abdul Rahman menuturkan bahwa PBT belum akan dilakukan untuk guru swasta. Tapi 12 dari 137 guru yang dijadwalkan mengikuti UKG berhalangan hadir dikarenkan jadwalnya berbarengan dengan UKG yang diadakan oleh kemendikbud.

UKG tahap dua ini dianggap tidak terlalu penting oleh para guru. Karena, pada pelaksanaannya masih banyak yang tidak mengikuti UKG tahap dua yang berakhir kemarin. Contohnya di TUK SMAN 15, dari total 180 peserta UKG tahap dua, terdapat 53 guru yang tidak hadir..

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)