UKG Akan Diadakan pada November 2015 dan Gratis!

19 Oktober 2015 Berita Pendidikan


Tidak lama lagi, tepatnya bulan November yang akan mendatang, sekitar tiga juta guru akan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG). Saat ini persiapan sedang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud berkenaan dengan UKG tersebut. Bagi para guru yang akan mengikuti UKG harus memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Guru yang akan melakukan UKG tidak akan akan dikenakan biaya apapun. Seluruh biaya akan ditanggung oleh negara. Oleh karena itu semua guru termasuk guru honorer diharapkan dapat mengikuti UKG.

Menurut Ditjen GTK Kemendikbud, ada sekitar 5.600 Tempat Uji Kompetansi (TUK) yang sedang dipersiapkan di seluruh Indonesia untuk UKG tahun ini. Pendaftaran sudah mulai dilakukan pada saat ini dan sudah ada sekitar 80% guru yang terdaftar.

UKG akan dilaksanakan dengan dua cara, yaitu daring (dalam jaringan) atau online dan luring (luar jaringan) atau offline. Dari 520 kabupaten atau kota, hanya 38 kabupaten atau kota yang melaksanakan UKG secara luring. Sedangka 498 kabupaten atau kota lainnya dengan cara daring.

Rencana pelaksanaan UKG pada tanggal 9-27 November 2015. Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan 200 paket soal untuk 200 mata pelajaran program keahlian. Pada saat UKG, guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal berupa pilihan ganda, diperkirakan sekitar 60 - 100 soal.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)