Ujian Nasional: Tidak Lulus Tahun Lalu Bisa Ujian Tahun Ini

20 Januari 2010 Berita Pendidikan


Siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) tahun 2007-2008 dan 2008-2009 bisa mengikuti UN tahun ini, baik di ujian utama maupun susulan. Namun, siswa diminta mendaftar di sekolah tempat siswa berasal untuk memudahkan pendataan.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bandar Lampung Haryanto mengungkapkan hal itu di sela-sela sosialisasi UN. Kegiatan tersebut berlangsung di aula SMPN 16 Bandar Lampung, Selasa (19-1), dan diikuti para kepala SMP baik negeri maupun swasta se-Bandar Lampung. "Siswa yang tidak lulus UN tidak serta-merta bisa ikut UN. Mereka harus memenuhi beberapa syarat seperti mendaftar di sekolah asal," kata Haryanto.

Dia mengatakan dengan percepatan waktu UN bagi SMP yang akan dilaksanakan pada minggu keempat bulan Maret, siswa, guru, dan orang tua harus bekerja keras. Hal itu karena ada beberapa pemadatan pelajaran sehingga semua materi bisa selesai pada Februari. Padahal, idealnya materi belajar baru selesai bulan Maret.

Oleh sebab itu, pihaknya menyiasati mata pelajaran yang di-UN-kan lebih banyak ditekankan pada materi esensial. "Untuk materi yang kurang esensial tidak diperdalam. Hal itu juga mengacu pada standar kompetensi lulusan (SKL) sehingga siswa lebih siap menghadapi UN," kata dia.

Menurut Haryanto, persoalan serius yang dihadapi saat ini adalah minimnya motivasi siswa yang akan mengikuti UN. Padahal, pelaksanaan UN sudah di depan mata. Hal senada juga diungkapkan Ketua MMKS SMA Kota Bandar Lampung Sobirin.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Haryanto yang juga kepala SMPN 1, memberikan tausiyah kepada siswa kelas IX setiap hari Jumat. "Kami berharap melalui tausiyah yang diberikan siswa lebih siap baik mental maupun fisik menghadapi UN," kata dia. UNI/S-1

Sumber: Lampungpost.Com