Ujian Nasional 2015 Jenjang SMA/SMK Dilangsungkan 13 April 2015

5 Januari 2015 Berita Pendidikan


Pemerintah telah menetapkan tanggal berlangsungnya Ujian Nasional (unas) 2015. Untuk Unas 2015 jenjang SMA/SMK akan dilangsungkan pada tanggal 13 April 2015 dan diharapkan agar siswa, guru serta orang tua mempersiapkan diri dalam menghadapi Unas.

Masih seperti tahun sebelumnya, untuk jenjang SMA, mata pelajaran (unas) yang diujikan tetap enam mata pelajaran di masing-masing jurusan. Unas berlangsung selama tiga hari dari tanggal 13-15 April 2015. Sedangkan untuk jenjang SMP sederajat, Unas rencananya diselenggarakan 27-30 April 2015.

Nizam, selaku Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan, jadwal pelaksanaan unas tersebut sudah tertuang dalam prosedur operasional standar (POS) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Untuk permasalahan kurikulum yang sedang terjadi belakangan yaitu K-13 dan KTSP 2006, Nizam menjelaskan masyarakat tidak perlu risau. Sebab semua siswa SD, SMP, SMA, dan SMK peserta unas, tidak ada satupun yang menjadi sasaran implementasi K-13. Sehingga muatan materi ujiannya, masih sama dengan unas 2014 atau periode sebelumnya.

Unas kali ini sedikit berbeda. Ada sedikit skema baru yang akan dimulai 15 Januari nanti dalam tender logistik ujian yang rencananya akan dilangsungkan lelang tingkat provinsi. Jadi, provinsi dapat melakukan pelelangan bahan unas sendiri-sendiri atau gabungan dari beberapa provinsi.

Untuk urusan kriteria kelulusan dan nama resmi unas 2015, Nizam mengatakan harus menunggu peraturan resmi dari Mendikbud Anies Baswedan. Rencananya peraturan Mendikbud terkait pelaksanaan uans 2015 keluar Januari ini juga.

Anies Baswedan dalam hal ini menegaskan bahwa Unas 2015 hanya digunakan untuk pemetaan. Yakni pemetaan kompetensi siswa, sekolah, hingga pemerintah daerah. Dengan demikian, dominiasi peran unas sebagai penentu kelulusan siswa rencananya mulai dikurangi.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)