Uji Coba Kebijakan Masuk Sekolah Pukul 06.00 Dilakukan di Gorontalo

14 Desember 2016 Berita Pendidikan


Jika biasanya jam masuk sekolah di beberapa kota Indonesia yakni pukul 07.00 kini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menguji coba jam masuk sekolah satu jam lebih awal, yakni menjadi pukul 06.00 WITA.

Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan etos kerja di bidang pendidikan. Pernyataan tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin.

Dalam pelaksanaannya, kebijakan tersebut telah dicanangkan serta diuji coba pada beberapa sekolah rujukan.

Nelson menjelaskan bahwa dengan adanya kebijakan masuk sekolah lebih awal, maka para siswa juga bisa kembali lebih awal. Ditambah lagi mereka belajar di sekolah lima hari yakni Senin hingga Jumat. Dengan begitu, kesempatan berinteraksi dengan keluarga akan semakin banyak.

Menurut dia, hal itu memberi ruang kepada orang tua dan keluarga untuk berinteraksi dengan anaknya, membina dan memberi penguatan kepada mereka setelah pulang dari sekolah.

Tak hanya dari aspek produktivitas dan lingkungan keluarga, aspek lain ialah dengan masuk sekolah lebih awal akan mengurangi kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk pada jam-jam tertentu.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)