UI Luluskan 1.644 Mahasiswa Program Vokasi

31 Agustus 2009 Berita Pendidikan


DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia meluluskan 1.644 wisudawan program vokasi jenjang diploma pada semester genap 2008/2009 di Kampus UI, Depok, Jumat (28/08). Dalam pidato wisuda tersebut, Rektor UI mengumumkan rencana pembangunan UI College bagi program vokasi yang dimulai pada 2010.

Tercatat, fakultas paling banyak meluluskan mahasiswa program diploma adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yang mencapai 799 mahasiswa. IPK tertinggi diraih oleh Dian Cahyawati dari Fakultas Ilmu Ekonomi Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,82. Sedangkan lulusan termuda adalah Linda Rafliyani dari program studi Perumahsakitan Fakultas Kedokteran yang berusia 20 tahun 4 bulan.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr der Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri mengatakan, bangsa dan negara membutuhkan tenaga-tenaga terampil tingkat menengah, diploma, hingga sarjana terapan yang menjadi penopang bagi terwujudnya masyarakat industrial. Walaupun UI adalah universitas riset, UI memiliki tanggung jawab untuk memberikan sumbangan ahli madya dalam menopang pembangunan bangsa.

Oleh karena itu program vokasi akan terus dikembangkan di bawah UI College. Pembangunannya akan dimulai pada tahun 2010 di area kurang lebih 10 hektar. Dan kita mengharapkan, nantinya pertahun UI memunyai mahasiswa program vokasi sampai sepuluh ribu, kata Gumilar.

UI College, tambah Gumilar, merupakan kampus mandiri dengan gedung seluas 120.000 meter persegi yang memiliki fasilitas, ruang belajar, laboratorium, serta fasilitas pendidikan lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi. Dalam upaya perwujudan rencana tersebut, kata dia, saat ini sedang dilakukan proses penggabungan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ke dalam Program Vokasi UI.

Selain wisuda kelulusan, acara ini juga merupakan sambutan kepada mahasiswa baru jenjang vokasi, sarjana kelas internasional dan paralel angkatan 2009. Kepada mahasiswa baru, Gumilar berpesan agar dengan menyaksikan wisuda ini dapat memompa semangat untuk belajar sebaik-baiknya selama di UI. (M12)

Sumber: Kompas.Com