UGM Anugerahi Sultan Gelar Doktor HC Bidang Kemanusiaan

13 Desember 2011 Berita Pendidikan


YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menganugerahi gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pemberian gelar ini akan disampaikan dalam puncak Dies Natalis ke-62 Universitas Gadjah Mada pada Senin (19/12) mendatang. "Kepemimpinan beliau cukup menonjol di bidang kemanusiaan.

Ini terbukti saat bencana erupsi Gunung Merapi Sultan mampu memberikan arahan kepada masyarakat. Begitu juga saat gempa Yogyakarta tahun 2006 lalu, kepemimpinan Sultan untuk mengkoordinasi proses evakuasi maupun rekonstruksi gempa sangat menonjol, proses rekonstruksi gempa 2006 juga mendapat banyak penghargaan karena proses pemulihannya yang cepat," kata Sekretaris Eksekutif Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Djoko Moerdijanto, Selasa (13/12/2011) di Yogyakarta.

Kepala Humas dan Protokol UGM Suryo Baskoro menambahkan, pemberian gelar doktor honoris causa kepada Sultan didasari alasan-alasan akademis, seperti memiliki wawasan kebudayaan yang bermanfaat bagi kemanusiaan, pembangunan bekelanjutan, dan kebangsaan Indonesia.

Sultan juga memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu menjembatani berbagai kelompok yang berpotensi konflik dalam sitasi kritis. Selain itu, Sultan mampu memberi ruang pada kelompok-kelompok yang terpinggirkan.

"Beberapa fakta yang menunjukkan kiprah Sultan, antara lain Sultan mampu merajut ke-Indonesiaan di Yogyakarta melalui kebudayaan, pengelolaan lingkungan berbasis budaya, serta kerjsama internasional antar bangsa. Atas alasan-alasan inilah, maka beliau sangat amat layak mendapat gelar tersebut," tambah Suryo.

Sebagai promotor dalam pemberian gelar doktor honoris causa ini adalah Rektor UGM Prof Sudjarwadi, co promotor Prof Sutaryo, dan Prof Djoko Suryo. Doktor HC dari ISI

Pada bulan yang sama, Sultan juga akan menerima gelar doktor honoris causa bidang seni pertunjukan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Rektor ISI Yogyakarta Prof AM Hermien Kusmayati mengatakan, penganugerahan gelar ini merupakan wujud apresiasi kampus ISI Yogyakarta atas peran Sultan HB X selama ini yang berperan aktif melestarikan seni budaya bangsa.

Pemberian gelar doktor honoris causa dari ISI kepada Sultan berlangsung, Selasa (27/12/2011) mendatang di gedung Concert Hall Kampus ISI Yogyakarta.

Sumber: kompas.com