TP Guru Agama Masih Tersendat

3 September 2009 Berita Pendidikan


Petugas pengurusan tunjangan profesi Kanwil Depag Jatim, Haniah menuturkan, pihaknya telah mengirimkan berkas ke-30 kabupaten/kota itu untuk mendapatkan SK dari Dirjen PAIS (pendidikan agama Islam) Depag Pusat. Sudah dikirimkan 30 dan delapan kabupaten/kota masih kita tunggu, tuturnya, Rabu (2/9).

Haniah yang juga staf Ketenagaan Bidang Mapenda Kanwil Depag Jatim ini menambahkan, proses pengurusan SK Dirjen tersebut diperkirakan kelar pada Oktober mendatang. Selanjutnya, SK Dirjen akan diteruskan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Dengan demikian, proses pengucuran TP guru lulusan sertifikasi 2008 bakal dilakukan pada Desember mendatang.

Haniah mengaku ada beberapa kendala teknis menyangkut pemberkasan yang dilakukan tiap kabupaten/kota. Di antaranya kesalahan nama dan nomor rekening. Kendala teknis itu membuat proses pemberkasan berjalan lama. Pemberkasan memang membutuhkan waktu cukup lama, ungkapnya.

Akibat kendala teknis itu, Kanwil Depag Jatim memutuskan bakal melakukan workshop khusus bagi petugas di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Kita akan kumpulkan semua petugas untuk di-workshop, imbuhnya.

Sementara itu, penilaian bagi para guru peserta sertifikasi 2009 saat ini telah memasuki tahap editing. Menurut rencana, pengumuman lulusan sertifikasi 2009 bakal dilakukan minggu depan.

Ketua LPTK IAIN Sunan Ampel Surabaya, Nur Hamim, menuturkan, peserta sertifikasi 2009 sebanyak 6.500 peserta. Biasanya yang lulus sebanyak 40 persen, bebernya.

sumber: dutamasyarakat.com