TNI Diminta Bantu Didik Karakter Siswa

25 Januari 2012 Berita Pendidikan


BOGOR Tentara Nasional Indonesia diminta untuk ikut membantu mendidik karakter siswa. Hal ini penting untuk membantu mereka kembali merasakan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme yang mulai memudar.

"Kami guru di sekolah sudah ada materi sesuai kurikulum. Namun, kami berharap agar TNI, yang punya pengalaman untuk berbagi dengan siswa, memberi mereka motivasi," tutur Basyarudin Thayib, Kepala SMA Plus PGRI Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/1/2012), di sela acara Pendidikan Bela Negara yang digelar Kodim Kabupaten Bogor dan Korem Suryakencana.

Acara itu dihadiri Komandan Korem 061 Suryakencana Kolonel (Kav) Kustanto Widiatmoko, serta Dandim Kabupaten Bogor Letkol Arif Gajah Mada.

Menurut Kolonel Kustanto, kegiatan Pendidikan Bela Negara dengan instruktur pengajar para perwira TNI sudah tiga kali dilakukan, yakni di Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor. Pekan depan akan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi.

"Nanti kodim-kodim juga akan menggelar (acara) yang sama di wilayah masing-masing. Diawali upacara bendera, lalu kami masuk ke kelas dan mengajar tentang Pancasila," tuturnya.

Menurut Kolonel Kustanto, tujuan dari perwira masuk SMA ini untuk membantu memperkuat persatuan bangsa, mengingatkan kembali hal itu karena jika tak ada persatuan, bangsa Indonesia tidak akan maju. "Kami tidak muluk-muluk. Kami berharap guliran ini juga disambut berbagai pihak sehingga melibatkan banyak orang, baik TNI, pemda, dan Polri," tuturnya.

Sumber: kompas.com