Tingkatkan Mutu Guru, Anies Buat Program Guru Pembelajar

25 Mei 2016 Berita Pendidikan


Untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan program peningkatan kompetensi guru melalui program guru pembelajar.

"Progam Guru Pembelajar didasarkan atas hasil pemetaan yang dilakukan melalui uji kompetensi guru beberapa waktu lalu. Hasilnya, ada guru-guru yang memang perlu ditingkatkan kualitasnya," kata Anies.

Anies memaparkan tidak hanya murid yang belajar, tapi guru juga perlu belajar. Era teknologi saat ini bisa memungkinkan belajar dilakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar menjadi lebih cepat, praktis, dan mudah karena segudang informasi dapat diakses dengan mudah.

Dalam pelaksanaan program tersebut menggunakan tiga moda yaitu moda tatap muka, moda dalam jajaring penuh, dan moda kombinasi keduanya. Materi pembelajaran moda tatap muka menggunakan modul cetak, moda dalam jaringan menggunakan modul, lembar kerja, dan lembar informasi yang disusun dan disajikan secara digital.

Anies menjelaskan untuk tahap awal diikuti 1.263 peserta. Mereka nantinya akan menjadi narasumber program guru pembelajar. Narasumber yang terpilih merupakan guru yang memiliki nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) diatas 80, Widyaiswara dari LPMP dan PPPTK, dan dosen.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)