Tingkat Kesulitan Soal Ujian Nasional Sama di Tiap Daerah

14 April 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional memastikan tingkat kesulitan soal-soal Ujian Nasional akan sama di seluruh daerah. "Jadi tidak akan ada kesulitan bagi daerah yang masih memakai kurikulum tahun 1994," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional, Mansyur Ramli dalam keterangan pers di kantornya, Rabu 13 April 2011.

Menurut Mansyur, sampai saat ini memang masih ada beberapa daerah yang menggunakan kurikulum pendidikan tahun 1994. Untuk mengakali perbedaan dengan daerah lain, maka, "Diambil irisan materi kurikulum yang diberlakukan di masing-masing sekolah," kata Mansyur.

Kementerian juga telah menyiapkan lima jenis paket soal yang berbeda. Jenis soal yang berbeda ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan kebocoran soal dan siswa yang mencontek.

Ujian Nasional akan digelar mulai 18 April 2011 pekan depan. Sebanyak 10.409.562 orang siswa dari jenjang pendidikan SD hingga SMA dari 234.342 sekolah akan mengikuti Ujian Nasional.

Siswa tingkat SMA, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan SMA Luar Biasa akan lebih dulu menghadapi ujian pada 18-21 April. Kemudian untuk siswa SMP, Madrasah Tsanawiyah dan SMP Luar Biasa akan dilakukan pada 25-28 April lalu. Sedangkan ujian nasional untuk tingkat siswa SD, Madrasah Ibtidaiyah dan SD Luar Biasa akan digelar pada 10-12 Mei 2011.

Sumber: tempointeraktif.com