Tiga Atlet Catur Indonesia Raih Tiga Medali Emas di Kejuaraan Catur Internasional

20 Desember 2015 Berita Pendidikan


Putera-puteri ibu pertiwi kembali menorehkan prestasi di Luar Negeri. Tim Pelajar SMP Indonesia berhasil menggondol tiga medali emas di bidang olahraga catur yang di selenggarakan di Penang, Malaysia yang digelar 7-12 Desember 2015.

Ketiga medali emas ini dihasilkan dari 3 kategori, pertama kategori Champion yang berhasil di menangkan oleh Muhammad Khairul Umam. Kemudian Syifffa Akiyya Sari yang berhasil memenangkan kategori best 14 tahun dan terakhir Evi Yuli Ana kategori Best Lady.

Prestasi ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari total enam siswa yang di kirim ke Penang merupakan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada ajang O2SN tahun 2015.

Keenam siswa tersebut adalah:

Muhammad Khoirul Umam (SMPN 1 Kembangbahu, Jawa Timur)
Evi Yuli Ana (SMPN 32 Semarang, Jawa Tengah)
Muhammad Sultan (SMPN 4 Balikpapan, Kalimantan Timur)
Syifa Akiyya Sari(SMPN 3 Sleman, D.I Yogyakarta)
Gracelia Paramesthi Samekto (SMPN 1 Kuta Utara, Bali)

Mereka mendapat pelatihan dan pembekalan dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) yang diketuai Hendry Jamal selama dua minggu.

Salah satu peserta, yaitu Khoril Umam merupakan siswa yang memiliki ELO rating rendah dan tidak punya gelar namun dapat membabat habis lawannya yang memiliki gelar internasional dengan rating rata-rata 1900-2000.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)