Tidak Daftar Ulang, Sebanyak 600 Bangku Sekolah di Bekasi Kosong

24 Agustus 2016 Berita Pendidikan


Sebanyak 600 kursi setidaknya kini tak terisi alias kosong di SMP, SMA/SMK Negeri Kota Bekasi, Jawa Barat. Hal ini menurut data yang diperoleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk sekolah pada tahun ajaran baru 2016/2017.

Banyaknya bangku kosong ini tidak lain merupakan banyaknya peserta didik baru yang tidak mendaftar ulang ke sekolah terkait karena berbagai alasan.

"Bangku kosong tetap dibiarkan, karena pendaftaran sudah tutup," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Kota Bekasi, Agus Enap, di Bekasi, Jumat.

Tercatat sebanyak 120 kursi jenjang SMP Negeri, 200 kursi jenjang SMA, 180 kursi jenjang SMK kini kosong. Agus menjelaskan bahwa kekosongan bangku itu dialami sejumlah sekolah negeri yang baru beroperasional di wilayah setempat di antaranya:

  • SMP Negeri 44-49,
  • SMK Negeri 13-15,
  • SMA Negeri 19-22.


Sebagian besar sekolah baru tersebut berada di daerah pinggiran kota seperti Kecamatan Jatisampurna, Bantargebang, Mustikajaya, dan daerah pinggiran lainnya.

Beberapa sekolah baru tersebut masing-masing membuka tiga rombongan belajar, untuk tingkat SMPN rombongan belajar tercatat sebanyak 44 siswa, SMAN sebanyak 40 siswa, dan SMKN sebanyak 32 siswa. Akan tetapi, dari seluruhnya yang dibuka hanya sekitar 70-80 persen mendaftar ulang.

Salah satu faktor mengapa tidak banyak yang mendaftar ulang antara lain karena alasan lokasi yang jauh, belum adanya gedung karena unit sekolah baru tersebut saat ini masih menumpang ke sekolah lain.

Pihak sekolah sendiri mengatakan bahwa gedung sekolah baru iu rencananya akan dibangun secara bertahap pada tahun 2017 mendatang.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)