Tes Online UMB PTS Jatim Sepi Peminat

23 Februari 2010 Berita Pendidikan


Tes online (cyber test) gelombang pertama Ujian Masuk Bersama (UMB) PTS di Jawa Timur yang berlangsung di tiga kampus, yakni Ubaya, UWKS, dan Unisma, Minggu (21/2/2010), hanya diikuti 83 peserta.

Angka tersebut lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang mencapai 213 peserta. Ketua Koordinator UMB PTS Wilayah III (Jatim) Prof Soegiono menyatakan, secara umum tes online UMB PTS gelombang pertama kemarin berjalan lancar.

Jumlah peserta masih sedikit, katanya, karena biasanya peserta adalah lulusan SMA tahun sebelumnya. Sedangkan yang sekarang masih duduk di bangku SMA biasanya masih wait and see.

Yang menentukan diterima-tidaknya mereka yang lolos gelombang satu ini, kata Soegiono, adalah rektor masing-masing PTS yang dituju oleh calon mahasiswa. "Kami hanya memberikan nilai tes, keputusan terakhir di tangan rektor," jelasnya.

Hasil tes kemudian akan diumumkan pada 24 Februari 2010. Seperti diketahui, UMB PTS yang digelar P-SPMBN (Perhimpuan Seleksi penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara) 2010 ini digelar dalam empat gelombang. Gelombang pertama pada 21 Februari 2010, kedua 13 Juni 2010, ketiga 8 Agustus 2010, dan terakhir 8 November 2010.

UMB PTS merupakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi PTS yang tergabung dalam P-SPMBN. Melalui proses ini, calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke PTS di luar kota atau luar provinsi tidak perlu repot bepergian jauh. Mereka cukup mendaftar online dan mengikuti tes online di kampus terdekat, sama dengan proses pendaftaran SNMPTN atau UMB PTN.

Editor: latief

Sumber: Surya (kompas.com)