Televisi Efektif Sadarkan Pentingnya Kesehatan

5 Oktober 2010 Berita Pendidikan


Dalam penelitian terbaru, terungkap bahwa menonton televisi yang mengandung informasi kesehatan baik dalam berita maupun film atau sinetron mampu membuat orang lebih peduli akan kesehatan pribadi mereka sekaligus mengurangi kepuasan akan hidup.

Persepsi itu didapatkan karena tayangan TV cenderung mengarahkan orang agar memercayai bahwa kesehatan mereka berisiko terganggu. Jutaan orang di seluruh dunia tentunya menyaksikan serial drama populer seperti Grey's Anatomy, House, dan ER. Terlebih, selama ini terbukti bahwa media merupakan sarana informasi yang paling berpengaruh, termasuk mengenai informasi kesehatan yang mempu memberi pengetahuan dan mengubah gaya hidup seseorang.

Dan, saat orang mengetahui banyak hal tentang kesehatan melalui TV, mereka pun cenderung tak akan lagi menikmati hidup. Bila mereka telanjur sakit dan mengetahui bahwa mereka tak bisa melakukan banyak upaya untuk mengatasinya, mereka pun merasakan ketidakpuasan dalam hidup. Penemuan ini juga mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa menonton TV membuat orang merasa tak puas atas kehidupan mereka karena akhirnya membuat mereka lebih materialistis dan cenderung meremehkan tingkat ekonomi orang lain.

Namun, ketimbang kerugian itu, setidaknya manfaatnya dinilai lebih banyak yakni membuat banyak orang lebih sadar diri tentang kesehatan mereka sehingga dapat melakukan upaya pencegahan. Hasil penelitian ini telah diterbitkan pada jurnal Mass Communication and Society edisi Oktober 2010. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com