Berita Pendidikan
19 November 2009

Teknologi Kurangi Kesenjangan Kualitas Pendidikan

JAKARTA-MI: Kemajuan teknologi pendidikan harus dimanfaatkan kalangan pendidik yang berada di daerah pedesaan untuk mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan dengan satuan pendidik di daerah perkotaan.

Dengan cara ini, pendidik tidak sebatas mengandalkan program pemerintah untuk mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan.

"Artinya, pengembangan teknologi pendidikan tidak hanya pada tataran teori dan praktek semata, namun juga ditujukan untuk memecahkan masalah pendidikan nasional. Caranya, gunakan sumber pembelajaran yang sudah berbasis teknologi, serta gunakan pendekatan sistem,'' ujar Ketua Umum Ikatan Pengembang Teknologi Pendidikan Indonesia Atwi Suparman kepada pers, dalam seminar di Depdiknas, Jakarta, Rabu (18/11).

Atwi mengharapkan, dengan menggunakan sumber pembelajaran yang sudah berbasis tekhnologi, serta pendekatan sistem, maka pendidik di daerah pedesaan tidak perlu bingung mencari bahan ajar yang terbaru. "Bahkan, yang diharapkan, pendidik harus lebih banyak tahu, dan kemudian melakukan transfer of knowledge (transfer pengetahuan) yang bermutu dan beragama kepada peserta didik," kata Atwi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menekankan, pentingnya pendidik untuk mengetahui kemajuan teknologi di bidang pendidikan. "Ini akan berdampak pada terciptanya belajar yang efektif dan efisien. Di sisi lain, bisa mengubah budaya bangsa kita terutama generasi muda, yang melek atas beragam informasi melalui kemajuan teknologi," ujar Mendiknas. (Dik/OL-7)

Sumber: mediaindonesia.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris