Taman Siswa Tolak Ujian Nasional

14 Desember 2009 Berita Pendidikan


Liputan6.com, Yogyakarta: Penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perguruan Taman Siswa yang berlangsung di Yogyakarta, Ahad (13/12), menghasilkan sejumlah rekomendasi. Salah satunya adalah menolak Ujian Nasional sebagai standar penentu kelulusan siswa sekolah.

Rakernas yang berlangsung 11-13 Desember di Hotel Inna Garuda itu diikuti 400 peserta dari 129 cabang Perguruan Taman Siswa di Tanah Air. Para peserta tak hanya menyampaikan pandangan dan usulan terhadap pembenahan internal Perguruan Taman Siswa, tapi juga memberikan rekomendasi tentang sistem pendidikan nasional kepada pemerintah.

Selain menolak sistem Ujian Nasional, Taman Siswa juga mendesak dilakukannya uji materiil Undang-undang Badan Hukum Pendidikan yang dinilai akan menjadikan pendidikan menjadi ladang bisnis.

Rakernas kali ini sedikit istimewa dengan hadirnya empat badan otonom Taman Siswa; yaitu Yayasan Persatuan Perguruan Tinggi, Wanita Taman Siswa, Keluarga Alumi Taman Siswa, dan Pemuda Taman Siswa, yang sejak 1923 telah menyatukan diri.(TES/YUS) Sumber: berita.liputan6.com