Tahun Ini, Kelulusan Siswa dari Hasil Gabungan Us dan UN

24 Maret 2011 Berita Pendidikan


Untuk pertamakalinya kelulusan ujian akan ditentukan berdasarkan penggabungan nilai Ujian Sekolah (US) dan nilai Ujian Nasional (UN)

Keputusan yang dilakukan kali pertama pada tahun ini dinilai para walimurid sebagai keputusan yang bijaksana. Dengan ketentuan itu, para siswa tidak sia-sia belajar di sekolah selama tiga tahun. Para guru juga merasa tenaga dan pikiran yang dicurahkan para murid merasa dihargai, kata Ny. Heny Budiman, satu walimurid, yang ditemui pada pelaksanaan US di SMAN 112, Rabu (23/3)

Dibanding UN sebelumnya sangat tidak bijak bahkan tidak sedikit murid yang merasa dirugikan karena selama sekolah 3 tahun dengan meraih nilai tertinggi. Tapi karena nilai UN nya jatuh,Perjuangan selama tiga tahun si-sia, padahal selama tiga tahun iswa selalu disiplin taat aturan sekolah artinya UN tahun sebelumnya tidak menghargai jerih payah siswa maupun jerih payah guru yang mengajarnya di sekolah, jelasnya.

Dampak UN sebelumnya tidak sedikit siswa yang menjadi nerves atau patah semangat karena nilai yang diperolehnya selama tiga tahun sama sekali tidak dihargai atau tidak diperhitungkan. Ke depan Pemerintah untuk melakukan keputusan benar-benar harus dipertimbangkan, manfaat dan mudharatnya, ungkapnya

Sementara itu, Ka. Sudin Dikmen Jakarta Barat Drs.H.A.Hamid menjelaskan US tahun 2011 ditetapkan 12 mata pelajaran berlangsung 6 hari pada 16 23 Maret kecuali Sabtu dan Minggu.

Pada ujian sekolah tahun lalu hanya 6 mata pelajaran, sedangkan untuk ujian sekolah tahun ini 12 mata pelajaran karena ditambah dengan 6 mata pelajaran yang diujikan untuk ujian nasional, ucapnya.

Ke 12 mata pelajaran yang diujikan itu untuk IPA terdiri dari Agama, PKN, Olahraga, Kesenian, Teknologi Informatika (TI) dan bahasa Asing ditambah dengan 6 mata pelajaran yang juga diujikan untuk UN yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Matematika, Kimia dan Fisika.

Mengenai mata pelajaran bahasa asing untuk US jurusan IPA tergantung yang diajarkan di masing-masing sekolah ada bahasa Jepang ada juga yang bahasa Arab dan lainnya.

Sedangkan untuk IPS juga terdiri dari 12 matapelajaran yakni Agama, PKN, Olahraga, Kesenian, Teknologi Informatika (TI) dan Bahasa Asing ditambah 6 matapelajaran yang diujikan untuk UN yakni Bahasa Indonesia, Sosiologi, Matematika, Bahasa Inggris, Geografi dan Ekonomi.

Soal-soal yang diujikan untuk US 6 mata pelajaran dibuat melalui Musyawarah Kepala Sekolah SMA se DKI Jakarta dan 6 mata pelajaran lainnya dibuat dari guru mata pelajaran masing-masing sekolah. Kalau di satu sekolah ada tiga guru mata pelajaran bahasa Inggris misalnya maka yang menbuat soal bahasa Inggris tiga orang guru, tidak dibuat secara perorangan, tutur H.Hamid.

Tahun 2011 siswa yang mengikuti US dan akan mengikuti UN, sebanyak 21.961 peserta terdiri 9.373 siswa SMA dan 12.588 siswa SMK.Ujian Sekolah lebih awal dari Ujian Nasional dan kami berharap kelulusan mencapai 100 persen dibanding tahun lalu 99 persen lebih, sambung H.A.Hamid didampingi Ka. SMAN 112, Drs.Lutfi dan Kasie SMA Dikmen Jakrta Barat, Yusen Herdiman. Dan ditinjau Kabid SMP-SMA Dikmen DKI Jakarta Drs.H.Amsani.

Sumber: poskota.co.id