Tahun Depan Semua Sekolah di Balikpapan Berbasis It

8 Desember 2010 Berita Pendidikan


BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menargetkan semua sekolah di Balikpapan dapat menggunakan perangkat Informasi Teknologi (IT) dalam proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM).

"Teknologi ini sebuah kebutuhan. Jadi mau tidak mau, secara bertahap kita berharap semua sekolah bisa berbasis IT dalam proses belajar dan mengajar, tapi tahun 2011 semunya sudah berbasisi IT," kata Kepala Disdik Balikpapan, Syahrumsyah.

Dia mengatakan, tahap awal, sarana atau perangkat pembelajaran berbasis IT diberikan kepada 23 sekolah, mulai jenjang SD, SMP dan SMA sederajat, khususkan sekolah yang berstatus Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) serta Sekolah Standar Nasional (SSN).

Bantuan perangkat IT ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) sebagai dana pendamping pembangunan infrastruktur pendidikan tahun 2010.

"Memang tidak semua sekolah yang mendapatkan bantuan dari pusat ini. Karena prangkat ini juga harus disesuikan dengan kondisi masing-maising tersebut, baik deri segi infrastruktur pendukung maupun dari segi kualitas pendidik dan siswa," ujarnya.

Bantuan tersebut, diantaranya berupa komputer PC, monitor LCD, laser printer, server, proyektor dan screen, UPS, perangkat jaringan. Selain itu, beberapa sekolah juga mendapatkan bantuan kamera CCTV. Rencananya, fisik perangkat tersebut sudah bisa diterima masing-masing sekolah pada pertengan Desember ini.

Dia mengharapkan dengan adanya fasilitas perangkat berbasis IT ini, pihak sekolah tidak lagi kesulitan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu piahknya juga sudah memberikan pelatihan kepada 70 guru yang berasal dari sekolah penerima bantuan.

"Jadi mereka juga mudah menyampaikan materi pelajaran dengan mengunakan perangkat IT ini. Harapannya, sekolah dapat terangsang untuk lebih maju,".

Sumber: mediaindonesia.com