T-Shirt Anti-Air dari Bahan Silica

30 Desember 2013 Berita Pendidikan


Melihat video tentang NeverWet, Amir patel sangat terpesona. Betapa tidak, produk ini dapat disemprotkan ke mana saja dan membuat permukaan benda tersebut anti-air. Tetapi, kekaguman Patel seketika hilang setelah dia membaca label peringatannya.

Seperti kebanyakan orang, Patel takjub dengan produk penyemprot NeverWet dan Ultra Ever Dry yang ngetren di YouTube. Dilansir Huffington Post, Senin (23/12/2013), Patel pun membeli sekaleng produk itu untuk disemprotkan ke kaosnya. Setelah mengenakan kaos tersebut selama sekira satu jam, Patel mulai merasakan pusing dan susah bernapas.

"Saya lihat ke bagian belakang kaleng dan terkejut setelah membaca label peringatan yang menyatakan bahwa produk itu dapat menyebabkan kanker dan memiliki efek samping cukup serius," ujar Patel.

Seperti dikutip BuzzFeed, jika termakan, produk itu dapat menyebabkan kerusakan otak. Tetapi potensi merusak kesehatan tersebut bukanlah satu-satunya masalah yang menjadi perhatian Patel.

"Saya juga mencuci kaos karena produk tersebut membuat tekstur kaos saya keras dan lengket. Ternyata kaos saya langsung rusak," tuturnya.

Mahasiswa tahun kedua di De Anza College, California, AS, ini memutuskan bahwa dia dapat melakukan hal yang lebih baik. Sekarang dia meluncurkan proyek permulaan untuk Silic, kaos yang dia klaim tidak hanya lembut, aman, dan dapat dicuci. Hal yang membuat t-shirt ini istimewa adalah, ia tahan air.

"Saya yakin ada cara untuk membuat produk ini aman digunakan dan tahan dicuci," imbuh Patel.

Dia mengklaim, Silic dapat tahan proses pencucian hingga 80 kali. Ketimbang pelapisan, Silic dibuat dari serat yang dianyam dengan silica sehingga kaos ini dapat menahan air dari sisi dalam dan luar. Menurut Patel, proses ini juga memberikan kualitas antimikroba, mengurangi noda keringat dan jamur.

"Kami menggunakan empat cara peregangan poliester yang serupa dengan serat tersebut. Bahan ini sangat lembut dan nanoteknologi tidak mengubah perasaan tersebut karena bukan teknik pelapisan," kata Patel.

Dalam mengerjakan Silic, Patel bekerja sama dengan Rebecca Clark, yang pernah mendesain untuk Vera Wang dalam urusan pola. Untuk menambah yakin pemakai, Patel juga melabeli Silic dengan BlueSign sebagai penanda keamanan dan keberlangsungan terhadap lingkungan.

(Dikutip dari okezone.com)