Suplemen Berprotein Justru Bikin Langsing

16 Agustus 2010 Berita Pendidikan


Suplemen yang mengandung protein khusus yang dikonsumsi sebelum makan dapat membantu untuk mengurangui nafsu makan dan pada akhirnya berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Hal itu dikemukakan oleh tim ahli nutrisi dari Institut Rowett di Aberdeen, Inggris, yang berencana mengembangkan suplemen yang dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat.

Dalam penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa makanan yang berprotein tinggi lebih dapat membuat kenyang dengan mengirimkan sinyal rasa kenyang ke otak. Dr Julian Mercer mengatakan tujuan timnya kini adalah mencari cara agar orang tak makan berlebih. Menurut rencana, penelitian ini akan dilakukan pada tahun depan.

Obesitas merupakan masalah kesehatan terbesar pada beberapa negara maju di dunia, terlebih obesitas dapat menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, serta kanker. Institut Rowett menerima dana dari pemerintah Skotlandia dan beberapa pihak lainnya guna melakukan pengembangan terhadap cara menangkal obesitas. Dr Mercer, kepada divisi kesehatan metabolik dan obesitas mengatakan, "Penelitian kami sebelumnya menemukan komponen yang dapat membantu yakni protein."

Ia mengatakan mungkin kita mengira karbohidrat yang membuat kenyang, tapi secara psikiologis proteinlah yang membuat merasa kenyang. "Anda akan cepat merasa kenyang bila mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kami akan menelitinya guna mengetahui hal tersebut." Maka itu, ia menyarankan agar kita terlebih dahulu mengonsumsi suplemen khusus sebelum makan agar cepat merasa kenyang guna menghindari makan berlebih. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com