Sumsel Jadi Provinsi Pertama Penyelenggara Program Kuliah Gratis

27 Agustus 2015 Berita Pendidikan


Untuk pertama kalinya, Indonesia memiliki program kuliah gratis. Program tersebut diseleggarakan di provinsi Sumatra Selatan, diluncurkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin.

Kebijakan tersebut merupakan perwujudan janji Alex dan wakilnya Ishak Mekki saat kampanye dua tahun lalu. Alex mengungkapkan APBD yang dialokasikan sebesar Rp 50 miliar dan akan terus bertambah seiring waktu dan kemampuan daerah.

"Kami tidak menetapkan secara pasti berapa mahasiswa yang akan mendapatkan program kuliah gratis ini. Namun akan disesuaikan dengan anggaran awal terlebih dahulu. Ke depannya anggaran akan ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," tutur Alex.

Namun tak sembarang mahasiswa yang mendapat program kuliah gratis ini. Syaratnya yaitu calon mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu secara finansial, lulus seleksi masuk, serta bukan perokok aktif.

"Tidak ada alasan bagi masyarakat Sumsel untuk tidak sekolah dan mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Semua biaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan akademis sudah disiapkan. Semua ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Sumsel," tutur Alex.

Sebelumnya, sejak tahun 2008, Sumsel telah menggratiskan biaya Pendidikan dari tingkat SD hingga SLTA atau sederajat, baik negeri maupun swasta. Bahkan khusus di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel sudah dimulai sejak tahun 2002.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)