Sukseskan Unbk 2017, Kemdikbud Siapkan 40.000 Unit Komputer Baru

10 Januari 2017 Berita Pendidikan


Tahun ini, penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer resmi disahkan setelah beberapa waktu lalu timbul wacana penghapusan UN di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam menunjang hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana melakukan pengadaan sebanyak 40.000 unit komputer untuk penyelenggaraan UNBK.

Seperti yang diungkapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, bahwa di tahun ini, pengadaan komputer baru akan diperbanyak yakni ada sekitar 40.000 unit.

Muhadjir juga turut menjelaskan bahwa pada 2017 pihaknya menargetkan 60 persen pelaksanaan UN berbasis komputer. Saat ini sudah ada sekitar 12.058 sekolah dan madrasah yang siap melaksanakan UNBK.

Seperti yang Anda ketahui, pada 2017 ini kemdikbud mengurangi jumlah mata pelajaran yang akan diujikan dan siswa dipersilakan memilih mata pelajaran yang disukainya. Selain itu juga diselenggarakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Untuk jenjang SMP, mata pelajaran (mapel) yang diujikan ialah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Sementara mata pelajaran yang diuji dalam USBN, yakni Pendidikan Agama, PPKN dan IPS.

Sedangkan untuk jenjang SMA mapel UN yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Untuk USBN, yaitu Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah, dan tiga mata pelajaran sesuai program studi siswa.

Tidak jauh beda, jenjang SMK, mata pelajaran UN adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Sementara untuk USBN, Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)