Status Sekolah: Hati-Hati Pilih Sekolah Berlabel Internasional

3 Maret 2010 Berita Pendidikan


Wali murid yang akan mendaftarkan putra-putrinya di sekolah yang berlabel internasional diminta berhati-hati. Sebab, belakangan banyak sekolah yang mengklaim sebagai sekolah berlabel internasional tetapi pada kenyataannya sekolah tersebut belum atau tidak berafiliasi dengan salah satu sekolah atau lembaga yang diakui secara internasional.
Yanti Sutanto, praktisi pendidikan di Bandar Lampung, mengatakan di Jakarta ada kasus wali murid yang mengadukan sebuah institusi pendidikan ke polisi. Pasalnya, sekolah tersebut mencantumkan berlabel internasional tetapi pada kenyataannya tidak demikian. "Untuk bisa mengklaim sebagai sekolah internasional banyak syarat yang harus dipenuhi," kata Yanti.

Syarat tersebut antara lain, sarana/prasarana, sumber daya manusia dalam hal ini guru yang berkualitas. "Selain itu sekolah yang sudah berafiliasi dengan sekolah internasional biasanya mencantumkan label sekolah internasional tempat mereka berafiliasi," kata dia.

Yanti mencontohkan salah satu sekolah di Bandar Lampung yang sudah berafiliasi dengan Cambridge University adalah Sekolah Pelita Bangsa.

Dia mengatakan sekolah yang sudah berafiliasi Cambridge mendapatkan kurikulum langsung dari Inggris. Selain itu guru-gurunya secara berkala juga mendapatkan pelatihan dari Cambridge. "Yang lebih penting, ijazah lulusannya diakui secara internasional," kata dia. (UNI/S-1)

Sumber: Lampungpost.Com