Standardisasi Sekolah Swasta di Negeri Singa

8 November 2011 Berita Pendidikan


Jika Anda atau sang buah hati berminat menuntut ilmu di Singapura,jangan sembarangan mencari sekolah.Pastikan lembaga pendidikan swasta yang Anda pilih telah memiliki sertifikat EduTrust.

Beberapa tahun terakhir,lembaga pendidikan swasta (private education institutions) di Singapura telah berkembang pesat.Tak heran banyak siswa dari negara tetangga memilih menimba ilmu di Singapura, termasuk Indonesia.Selain jaraknya yang dekat dari Indonesia,adanya kesamaan budaya antara Singapura dan Indonesia,membuat banyak orang lebih nyaman bersekolah di Singapura dan lebih mudah menyesuaikan diri.

Menurut Suhaimi Sainy,Area Director Indonesia Singapore Tourism Board (STB),siswa internasional, terutama dari Indonesia,kerap tertarik pada pilihan sistem pembelajaran yang menarik dan beragam di Singapura.Dimulai dari pendidikan formal,training untuk perusahaan,hingga program experiential training. Selain kedekatan jarak,siswa dari Indonesia juga memiliki kesempatan untuk tidak hanya terhubung ke sebuah sistem pendidikan yang unggul,juga merasakan pengalaman belajar yang unik di sebuah kota modern yang aman dan dinamis,yang menawarkan campuran unsur kebudayaan Timur dan Barat, katanya saat temu media di Hotel Mulia, Senayan,Jakarta, Selasa (25/10). Untuk lebih meningkatkan industri pendidikan swasta,Dewan Pendidikan Swasta (Council for Private Education/CPE) Singapura mengukuhkan jaminan kualitas lembaga swasta melalui skema sertifikasi EduTrust (EduTrust Certification Scheme).

Setiap lembaga pendidikan swasta di Singapura wajib mendapatkan sertifikat EduTrust terlebih dahulu sebelum diizinkan menerima siswa internasional. Sertifikat EduTrust ditetapkan oleh Otoritas Imigrasi dan Tempat Pemeriksaan (Immigration and Checkpoints Authority) sebagai sebuah persyaratan yang harus dipenuhi lembaga pendidikan swasta yang menerima siswa internasional untuk dapat menerbitkan surat izin tinggal siswa (student pass).

Sumber: seputar-indonesia.com